Keragaman Komunikasi

     Yak sobat,Untuk postingan kedua ini saya akan membahas tentang Keragaman Komunikasi,Komunikasi adalah salah satu bentuk interaksi antar manusia dengan manusia lain untuk menyampaikan suatu maksud.
Jadi,Keragaman Komunikasi adalah bentuk bentuk penyampaian maksud manusia melalui berbagai cara.
Apa saja Keragaman Komunikasi?Silahkan simak ulasan yang saya rangkum dari berbagai sumber dibawah..

1.Komunikasi Audio
Hasil gambar untuk komunikasi audio
Alat komunikasi Audio
Komunikasi audio adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadinya melalui media audio. Definisi komunikasi sendiri menurut KBBI yaitu "Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami". Sedangkan pengertian media audio sendiri yaitu "media untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan dalam bentuk lambang - lambang auditif, baik verbal maupun non verbal".

Contoh dari komunikasi audio diantaranya yaitu telepon, radio, dan handy talkie.
Macam-macam komunikasi audio :
1.Audio Streaming
2.Audio Visual
3.Audio Response,Audio Oscillator
4.Audio Modem Riser

Jenis-jenis Komunikasi Audio
1 Audio CODEC
2 Audio CONTROLLER
3.Mikrofon dan Speaker

Jenis-jenis format file audio
1. mp3
2. AIFF
3. OGG
4. WAV
5. AAC
6. WMA
7. Real Audio


Perangkat Komunikasi Audio :

-Microphone
-Speaker
-Radio
-Telephone

A.Kelebihan komunikasi melalui media audio
Komunikasi melalui media audio memiliki beberapa keunggulan seperti :
1.Harga murah dan variasi program lebih banyak daripada TV.
Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
2.Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
3.Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
4.Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa
5.Dapat menggantikan Guru dengan lebih baik, misalnya menghadirkan ahli dibidang – bidang tertentu, sehingga kelemahan guru dalam mengajar tergantikan. - Pelajaran lewat radio bisa lebih bermutu baik dari segi ilmiah maupun metodis. Ini mengingat Guru kita terkadang jarang mempunyai waktu yang luang dan sumber untuk mengadakan penelitian.
6.Dapat menyajikan laporan seketika, karena biasanya siaran – siaran yang aktual itu dapat memberikan kesegaran pada sebagian besar topik.
7.Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.

B.Kekurangan komunikasi melalui media audio
Beberapa kelemahan komunikasi dengan media audio antara lain :
1.Memerlukan suatu pemusatan pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar khusus.
2.Media Audio yang menampilkan symbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalah abstrak, sehingga pada hal – hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.
3.Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan pembendaharaan kata–kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
4.Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak.

5.Penampilan melalui ungkapan perasaan atau symbol analog lainnya dalam bentuk suara harus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si penerima. Bila tidak bisa maka akan terjadi kesalah pahaman.

2.Komunikasi Vidio 
Gambar terkait

Komunikasi Vidio ini merupakan komunikasi yang dilihat mata kita misal nya kita melakukan Vidio Call dengan seseorang..

Manfaat Komunikasi Video
1.Dapat digunakan untuk menyampaikan informasi tanpa harus bertemu dengan si penerima
2.Dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang atau beberapa orang dalam jarak yang jauh tanpa mengenal waktu
3.Dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran


Bentuk-bentuk Komunikasi Video
Ada beberapa macam bentuk-bentuk komunikasi video dalam kehidupan sehari-hari seperti gambar/foto, sketsa, diagram, grafik, dan bagan.
1. Gambar / Foto
Gambar / Foto adalah bentuk komunikasi video yang paling sering kita jumpai dan paling umum digunakan, gambar / foto biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan iklan dan lain sebagainya

2. Sketsa
Sketsa adalah komunikasi video dalam bentuk gambar sederhana atau bisa juga disebut sebagai draft kasar yang melukiskan gambar pokok tanpa detail. Sketsa juga bisa memperjelas sebuah pesan.

3. Diagram / Sketsa
Diagram / Sketsa adalah bentuk komunikasi video yang berbentuk gambar sederhanayang menggunakan garis dan simboluntuk menggambarkan struktur dari obyek tertentu secara garis besar

4. Bagan / Chart
Bagan / Chart adalah sebuah komunikasi video yang menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna oleh si penerima. Bagan juga dapat memberikan ringkasan butir-butir penting dari penyajian.

5. Grafik
Grafik adalah bentuk komunikasi video yang berupa gambar sederhana yang menggunakan garis, titik, simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data kuantitatif. Misalnya grafik tentang pertumbuhan


Macam Macam Video
1. Video IP
Video IP adalah sebuah video yang dilewatkan melalui IP. Video ini dapat dipancarkan ke publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog.

2. Videotex
Videotex adalah pelayanan informasi interaktif dari komputer pusat yang memungkinkan individu untuk meminta kerangka informasi dari komputer pusat melalui telepon atau kabel, untuk ditampilkan ada layar tampilan video (umumya televisi rumah).


3. VideoOut
VideoOut adalah Perangkat keras seperti kamera yang layar kameranya dapat ditampilkan di layar lainnya dengan cara disambungkan ke layar televisi atau layar lainnya. Jadi intinya seperti video dikamera keluar ke layar lainnya, maka dari itu dinamakan VideoOut.

4. Video RAM
Video RAM atau VRAM adalah penyimpanan komputer media gambar yang ditampilkan di monitor, yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis

5. Video Text
Yaitu suatu kemampuan untuk mengirimkan juga mentransmisikan secara 2 arah dari suatu gambar atau suara



3.Komunikasi Audio Vidio


Gambar terkait
    Komunikasi ini sering kita dapat,yap dengan media TV kita bisa melihat berita, dan itu merupakan informasi yang disampaikan dengan komunikasi Audio Vidio.

CIRI-CIRI KOMUNIKASI AUDIO VIDEO

1.  Bersifat Linier
Salah satuciriciridarikomunikasi audio video ituadalahbersifatlinier,yangmenyajikan visual secaradinamisyaitudigunakandengancara yang sebelumnyatelahditetapkanolehperancangataupembuatnya.
2.  Media komunikasi audio visual daptmemberikaninformasidalambentukgambar/visual dansuarasecaranyata.
3.  Media Audio visual lebihmengutamakan visual daripadasuara, walaupun media tersebuttidakbisalepasdarisuara yang berperanmelengkapiinformasiataupesan visual.
4.  Informasi yang disampaikanberupagambar,fakta,kejadiannyataataupunsebuahgagasankreatif.
5.  Program audio visual  setiap kali tayangdapatditontonolehberjuta orang dalamwaktu yang samamelalui media televise
6.  Media audio visual adalah media komunikasi yang paling efektifdibandingkandengan media komunikasilainnya.
7.  Program yang di kemasdalam format VCD ataupun DVD dapatditontonberulangulangdandapat pula digandakan.
8.  Setiap program audio visual selaludibatasiolehwaktu/garansi

Macam - macam Aplikasi Komunikasi Audio Video
1. Skype
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P(peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepontradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.
2. Camfrog
Camfrog adalahsalah satu dariperangkatlunakpengirimpesaninstanyang telah ada di duniainternet dimana kita bisa berinteraksi lewat text,videostreaming, audio streamingdanvoip.Dan Perangkatini diciptakan olehCAMSHARE LLC pada tahun 2003. Camfrog terbagi atas dua, yaitu Camfrog Pro dan Camfrog biasa. Perbedaannya adalah pada Camfrog biasa, ada beberapa fitur yang tidak dapat digunakan, antara lain:
-Tidak bisa melihat pengguna lain lebih dari satu.
-Tidak bisa mengubah ukuran layar video.
-Tidak bisa menambahkan teks pada layar video kita.
-Tidak bisa mencari lokasi dimana pengguna yang telah kita tambah di daftar tersebut berad
-Tidak bisa mengirim file.
-Tidak bisa menyimpan sejarah percakapan di ruangan maupun di pesan instan.

4.Komunikasi Data
   Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet. Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi di antara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dan komputer,komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan denganperalatanJadi intinya itu tukeran data dengan jaringan.

A. 5 komponen komunikasi data

1. Sumber (source)
Alat/komponen yang membangkitkan data atau informasi yang akan di transmisikan, dapat berupa alat input pada komputer. Alat ini dapat mengubah informasi audio, video atau teks menjadi satuan data untuk di proses pada sistem komputer.
2. Pengirim (transmitter)
Alat untuk memproses data atau informasi yang berasal dari sumber (source) agar dapat di salurkan oleh sistem/media transmisi.
Bentuk fisik nya dapat berupa komputer personal yang dapat mengolah segala bentuk informasi, atau secara khusus dapat berupa pesawat telepon untuk komunikasi dengan informasi berupa suara (voice).
3. Sistem Transmisi
Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jalur kompleks (complex network) yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan, secara fisik dapat berupa media wireline atau media wireless.
Jalur transmisi tunggal, maksudnya adalah antara perangkat pengirim dan penerima satu jenis media dalam satu segmen jaringan.Sedangkan maksud dari jalur kompleks adalah perangkat pengirim dan penerima dihubungkan oleh satu sistem
4. Penerima (receiver)
Alat untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan memproses menjadi informasi yang dapat ditangkap/ diproses oleh tujuan. Fisiknya dapat berupa komputer personal untuk fungsi informasi secara umum.
5. Tujuan (destination)
Menangkap informasi yang dihasilkan oleh penerima, informasi yang diterima oleh perangkat tujuan selanjutnya diubah menjadi jenis informasi yang sama dengan informasi yang dikirimkan, Software aplikasi digunakan untuk menjembatani informasi ini menuju pengguna jaringan komputer.


Sumber : http://dilahimovic.blogspot.com

              :https://megardiansyah.blogspot.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment